Sekilas Pelaksanaan Manajemen Fungsional pada Usaha Dropship Produk Rumah Warna di Solo Raya - Dewandaru Vogue MMXVIII
TUGAS AKHIR PENGANTAR BISNIS
Sekilas Pelaksanaan Manajemen Fungsional pada Usaha Dropship Produk
Rumah Warna di Solo Raya
Disusun Oleh :
Galuh Dewandaru Al Amanah
190810201154
JURUSAN MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS JEMBER
2019
PENDAHULUAN
Pada
saat itu, saya menginjak kelas sebelas di Sekolah Menengah Atas di Karisidenan
Surakarta. Kebetulan saya merupakan siswi jurusan IPS sehingga mendapat
pelajaran ekonomi. Selain itu, saya berkeinginan kelak menjadi seorang
pengusaha besar yang kaya raya dan sukses. Maka dari itu, saya berusaha memulai
usaha bisnis saya sendiri. Selain untuk melatih kewirausahaan saya, menambah
ilmu dan pengalaman, serta mengembangkan mental entrepreneurship saya,
saya berniat melakukan usaha ini untuk mengisi waktu luang saya dan mendapat
profit yang banyak sehingga dapat menambah uang saku saya dan untuk membeli
saham.
Bisnis dropship adalah sebuah
sistem penjualan sebuah produk secara online dimana si penjual atau pengecer
tidak harus memiliki modal besar atau produk sendiri. Sistem dropship berbeda
dengan sistem reseller yang mengharuskan penjual atau pengecer untuk
membeli produk kepada si supplier atau pemilik barang untuk stok, lalu
kemudian dijual ke konsumen dengan mengambil keuntungan dari selisih harga
barang. Selain itu, penjual atau pengecer tidak perlu repot untuk mengerjakan
proses pengiriman barang kepada si pembeli karena supplier yang akan
melakukannya. Enaknya lagi, pada kemasan atau bungkus barang yang dikirim ke
pembeli akan ditulis bahwa barang dikirim oleh penjual atau pengecer, jadi
kredibilitas kita sebagai dropshipper tetap terjaga dengan baik.
Saya rasa usaha dropship merupakan
pilihan yang tepat untuk saya yang mana masih seorang siswa SMA dan belum
memiliki modal yang besar. Selain praktis dan efektif, bisnis dropship
sangat mudah dilakukan khususnya untuk seorang pelajar seperti saya. Maka dari
itu, saya memutuskan untuk mengikuti program dropship dari produk Rumah Warna
yang pusatnya berada di Jogjakarta. Saya menjadi seorang dropshipper di
daerah Solo Raya.
DESKRIPSI OBYEK USAHA
1.
Profil Usaha
Nama
Usaha : Dewandaru Vogue MMXVIII
Jenis
Usaha : Dropship
Alamat : Karanggatak RT 01 RW 08
Batuwarno, Wonogiri, Jawa Tengah
Pemilik : Galuh Dewandaru Al
Amanah
2.
Sejarah
Proses bisnis yang baik adalah
yang berangkat dari bawah lalu naik setahap demi setahap secara konsisten. Selain itu, butuh pengorbanan dan perjuangan yang besar untuk sukses. Jatuh dan bangun dalam usaha bisnis merupakan
hal yang biasa terjadi. Namun, sikap pantang menyerah menjadi kunci keberhasilan suatu usaha bisnis.
Itulah kira-kira yang menjadi landasan saya.
Pada saat itu, saya
menginjak kelas sebelas di Sekolah Menengah Atas di Karisidenan Surakarta,
tepatnya di SMA Negeri 1 Sukoharjo. Kebetulan saya merupakan siswi jurusan IPS
sehingga mendapat pelajaran ekonomi. Selain itu, saya berkeinginan kelak
menjadi seorang pengusaha besar yang kaya raya dan sukses. Maka dari itu, saya
berusaha memulai usaha bisnis saya sendiri. Selain untuk melatih kewirausahaan
saya, menambah ilmu dan pengalaman, serta mengembangkan mental entrepreneurship
saya, saya berniat melakukan usaha ini untuk mengisi waktu luang saya dan
mendapat profit yang banyak sehingga dapat menambah uang saku saya dan untuk
membeli saham.
Saya rasa usaha dropship
merupakan pilihan yang tepat untuk saya yang mana masih seorang siswa SMA dan
belum memiliki modal yang besar. Selain praktis dan efektif, bisnis dropship
sangat mudah dilakukan khususnya untuk seorang pelajar seperti saya. Maka
dari itu, saya memutuskan untuk mengikuti program dropship dari usaha
produk Rumah Warna yang pusatnya berada di Jogjakarta. Saya menjadi seorang dropshipper
di daerah Solo Raya.
3.
Lokasi
Usaha
Menurut Kotler (2009), place merupakan
segala sesuatu yang menunjukkan berbagai kegiatan bisnis untuk membuat produk
agar mudah diperoleh oleh pelanggan dan selalu tersedia bagi pelanggan. Apabila
berada dalam kondisi bisnis yang memiliki persaingan ketat, faktor pemilihan
lokasi menjadi komponen utama yang penting agar usaha yang dijalankan juga
dapat bersaing secara efektif, maka perlu adanya lokasi usaha yang strategis
dan mudah dijangkau oleh konsumen. Ketepatan pemilihan lokasi merupakan salah
satu faktor yang menentukan kesuksesan sebuah usaha. Para pengusaha selalu
memiliki pertimbangan yang matang mengenai lokasi sebelum membuka usahanya.
Lokasi dari usaha dropship Dewandaru Vogue MMXVIII
adalah di Karanggatak RT 01 RW 08 Batuwarno, Wonogiri, Jawa Tengah. Namun,
sebab bisnis saya ini merupakan usaha dropship jadi usaha ini tidak
terbataskan oleh lokasi. Dapat dilakukan di mana saja secara online. Dikarenakan
ketika SMA saya bersekolah di SMA Negeri 1 Sukoharjo, sehingga saya ngekost di Purworejo,
Kabupaten Sukoharjo. Sehingga saya lebih aktif melakukan bisnis dropship
saya di sana.
4.
Produk
Berikut
ini adalah produk-produk dropship Dewandaru Vogue MMXVIII dengan merk
Rumah Warna :
a.
Ransel f.
Softcase
b.
Sling Bag g. Selempang
c.
Dompet h.
Waist Bag
d.
Tas Anak i.
Tas Cangklong
e.
Bantal
KONDISI PASAR DAN
PERSAINGAN
1.
Kondisi Pasar
a.
Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran adalah upaya untuk memasarkan suatu
produk, apakah itu barang atau jasa, menggunakan pola rencana dan taktik tertentu
sehingga jumlah penjualan menjadi lebih tinggi.
Definisi
strategi pemasaran juga dapat diartikan sebagai serangkaian upaya yang
dilakukan oleh perusahaan dalam rangka mencapai tujuan tertentu. Karena potensi untuk menjual proposisi terbatas pada jumlah orang yang
mengetahui hal ini. Strategi pemasaran memiliki peran penting dalam suatu perusahaan atau bisnis
karena berfungsi untuk menentukan nilai ekonomi perusahaan, baik harga barang
maupun jasa.
Kegiatan
yang kami lakukan untuk memperkenalkan “Dewandaru Vogue MMXVIII” :
a.
Menyebarkan brosur
b.
Membuat iklan di sosial media
c.
Mengadakan promo atau sale
d.
Word of Mouth
e.
Membuat akun Instagram Ads dan juga Facebook Ads sendiri
f.
Memposting produk di berbagai sosial media dengan menggunakan
persuasive copywriting secara konsisten. Username akun instagram usaha
kami yaitu @dewandaruvogue_
b.
Target Pasar
Produk Rumah Warna
sangat terkenal dengan keawetannya dan juga desain-desainnya yang sangat lucu
dan menarik. Kami menargetkan produk-produk kami untuk semua kalangan, entah
itu bagi yang berumur muda sampai berumur
tua, untuk laki-laki maupun perempuan. Namun, produk kami memang lebih
dikhususkan untuk para wanita remaja millenial.
c.
Sasaran Pembeli
Dalam menjalankan usaha ini sasaran pembeli
kami yaitu mencakup semua kalangan masyarakat di daerah Solo Raya, masyarakat kalangan bawah, menengah, maupun
kalangan atas. Karena, produk yang kami tawarkan memiliki harga yang bervariasi cukup terjangkau untuk semua kalangan dan harganya sesuai
dengan kualitas produk kami.
2.
Persaingan
Persaingan adalah bersaingnya para penjual yang sama-sama
berusaha mendapatkan keuntungan, pangsa
pasar, dan jumlah penjualan. Para
penjual biasanya berusaha mengungguli persaingan dengan membedakan harga, produk, distribusi
dan promosi.
Menurut Adam Smith dalam The Wealth of
Nations (1776), persaingan akan
mendorong alokasi faktor produksi ke
arah penggunaan yang paling bernilai tinggi dan efisien.
Banyak
pesaing dalam menjalankan bisnis dropship Rumah Warna juga, akan
tetapi disinilah kita dituntut untuk sekreatif dan inovatif mungkin untuk
menarik konsumen agar memilih membeli produk yang kita sediakan. Namun, di sini kita tidak boleh saling menjatuhkan melainkan kita harus tetap menjaga kekeluargaan dan
menciptakan persaingan yang sehat. Kita juga harus menaati peraturan dan undang-
undang yang ada.
PELAKSANAAN MANAJEMEN FUNGSIONAL
1.
Produksi
Produksi adalah suatu proses
mengubah bahan baku menjadi barang jadi atau menambah nilai suatu produk
(barang dan jasa) agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Secara etimologis,
kata “Produksi” berasal dari bahasa Inggris, yaitu “To Produce” yang artinya menghasilkan. Jadi, arti kata produksi
adalah suatu kegiatan menghasilkan atau menambah nilai guna suatu barang atau
jasa melalui proses tertentu.
Usaha dropship Dewandaru
Vogue MMXVIII sebetulnya hanya tinggal menjual kembali produk Rumah Warna
Pusat. Ini memang mudahnya bisnis dengan
sistem dropship.
Dropship adalah sistem jualan yang mampu
menjawab berbagai permasalahan wanita terutama bagi mereka yang ingin memiliki
bisnis dengan modal minim. Dengan dropship, tidak akan ribet memikirkan
produksi, tidak perlu bangun brand dari awal, tidak ribet packing
dan pengiriman, bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Benar-benar tinggal
menjual saja dan mengambil keuntungannya.
Rumah
Warna merupakan salah satu brand fashion tas yang mendukung para wanita
untuk membangun bisnisnya sendiri melalui sistem dropship. Rumah
Warna merupakan brand yang produknya sudah terpercaya selama 17 tahun.
Dengan 58 toko yang tersebar di seluruh Indonesia, brand Rumah Warna
terus tumbuh dan menjadi produk tas favorit wanita.
2.
Sumber Daya Manusia
Sumber daya manusia merupakan salah satu elemen paling
penting agar sebuah bisnis atau perusahaan dapat berjalan dengan baik. Tanpa
adanya elemen tersebut atau kualitasnya yang kurang baik, perusahaan akan sulit
untuk berjalan dan beroperasi dengan semestinya meski sumber daya yang lain
telah terpenuhi.
Manajemen Sumber Daya Manusia atau biasa disingkat dengan
MSDM memiliki peran yang cukup signifikan pada perkembangan suatu perusahaan.
Pada dasarnya, pengertian manajemen SDM sendiri yaitu upaya atau cara dalam
mengelola sumber daya manusia guna tercapainya tujuan organisasi atau
perusahaan. Tanpa memiliki kemampuan manajemen SDM yang mumpuni, kemampuan
perusahaan dalam mencapai kesuksesan bisnis akan lebih sulit untuk bisa
dilakukan.
Pada
usaha dropship Dewandaru Vogue MMXVIII pelatihan, pengembangan dan evaluasi tehadap
karyawan dilakukan sesuai prosedur yang telah disusun sebelumnya. Program
pelatihan, pengembangan dan evaluasi sangat baik dilakukan karena mampu
menciptakan karyawan yang kompeten dalam pekerjaannnya, sehingga diharapkan sumber
daya manusia pada usaha dropship Dewandaru Vogue MMXVIII mampu memberikan kontribusi yang optimal.
Usaha ini
baru dipegang oleh saya
sendiri dan satu teman saya sebagai reseller usaha saya. Saya sendiri
terkadang mengikuti berbagai pelatihan bisnis online dan kelas online terkait
dengan usaha dropship supaya cepat sukses.
3.
Keuangan
a.
Sumber Modal
Modal adalah sekumpulan uang atau barang yang
digunakan sebagai dasar untuk melaksanakan suatu pekerjaan. Dalam bahasa
Inggris modal disebut dengan capital, yaitu barang yang
dihasilkan oleh alam atau manusia untuk membantu memproduksi barang lainnya
yang dibutuhkan manusia dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan.
Modal merupakan hal yang sangat vital dalam
sebuah bisnis atau perusahaan. Tanpa modal bisnis tidak dapat berjalan
sebagaimana mestinya. Mulai dari bisnis yang besar maupun bisnis yang kecil pun
membutuhkan modal untuk menjalankan bisnisnya.
Dalam membuka usaha ini, saya membayar uang sebesar Rp299.000,00 kepada pihak
Rumah Warna Pusat supaya saya resmi menjadi dropshipper Rumah Warna,
lalu setelah itu saya diberi berbagai fasilitas dari brand Rumah Warna dan
arahan-arahan.
b.
Laba Usaha ( Keuntungan )
Laba dalam ilmu ekonomi dapat diartikan sebagai
keuntungan yang didapat oleh seorang investor dalam suatu kegiatan bisnisnya.
Hal ini tentu sudah dikurangi dengan biaya operasional yang ada di suatu bisnis
yang dijalankan. Sementara itu, laba menurut ilmu akuntansi didefinisikan
sebagai selisih antara harga penjualan dengan biaya yang
dikeluarkan pada saat produksi.
Menurut Horngren (1997),
bahwa laba merupakan kelebihan total pendapatan dibandingkan total bebannya.
Laba disebut juga pendapatan bersih atau net earnings. Sedangkan menurut
Hansen dan Mowen (2001), bahwa laba atau laba bersih merupakan laba operasi
dikurangi pajak, biaya bunga, biaya riset, dan pengembangan. Laba bersih
disajikan dalam laporan rugi-laba dengan menyandingkan antara pendapatan dengan
biaya.
Setiap pengusaha selalu menginginkan usahanya
untuk mendapatkan laba secara maksimal. Pada usaha dropship Dewandaru Vogue MMXVIII
ini, saya sebagai pemilik mendapatkan laba sekitar Rp. 30.000/pcs produk yang terjual.
PENUTUP
1.
Kesimpulan
Manajemen fungsional merupakan sebuah bentuk supaya
kontribusi pada dalam suatu departemen dapat bertahan pada tingkatan yang
sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Sebuah sumber daya manusia menjadi
tidak berharga lagi bila mana manajemen sumber daya manusia mempunyai
sebuah kriteria yang lebih rendah dari yang dibutuhkan oleh perusahaan.
Kedengarannya hal itu kejam, akan tetapi dalam sebuah perusahaan hal itu
sangatlah dipegang teguh.
Adapun
aktivitas dari manajemen fungsional tersendiri terdiri dari manajemen sumber
daya manusia (msdm), manajemen operasional, manajemen pemasaran, manajemen keuangan.
Manajemen
fungsional terhadap suatu usaha sangat diperlukan terutama dalam sebuah
organisasi atau usaha. Dengan adanya manajemen yang baik, maka kegiatan
perencanaan, pelaksanaan, sampai pada penghasilan suatu tujuan ataupun barang
akan dicapai dengan baik dan maksimal, dan dengan adanya manajemen fungsional
maka suatu usaha akan dapat mencapai tujuan yang diinginkan dengan langkah yang
tepat.
2.
Saran
Terus lakukan perbaikan terhadap manajemen
fungsional secara berkelanjutan agar kemampuan usaha dalam pengembangan yang
telah berhasil tetap berlanjut dan mengalami peningkatan. Koordinasi antar
manajemen fungsional pemasaran, keuangan, sumber daya manusia dan produksi
harus selalu diperhatikan agar usaha dapat berjalan dengan baik. Usaha dropship Dewandaru Vogue MMXVIII
Solo Raya dalam
manajemen fungsional perlu memperhatikan kemampuan pesaing karena mengingat
usaha dropship
sangat dipengaruhi pesaing-pesaing yang ada di pasaran. Oleh karena itu, manajemen fungsional pemasaran harus selalu memeriksa dan berinovasi
produk terkini untuk pengembangan produk.
DAFTAR PUSTAKA
https://www.instagram.com/dewandaruvogue_/.
Diakses pada Desember 2019.
https://drive.google.com/drive/folders/1KDABL8QnAMM-QoG975oQI97a0H71yPb2.
Diakses pada Desember 2019.
https://www.instagram.com/rumahwarna_corp/.
Diakses pada Desember 2019.
bit.ly/produkrumahwarna. Diakses pada Desember
2019.
http://galuhdewandaru.blogspot.com/2019/04/cara-sukses-berbisnis-via-instagram.html.
Diakses pada Desember 2019.
https://rumahwarna.co/dropship-1/.
Diakses pada Desember 2019.
https://kpr.online/dropshipper-bisnis-online-tanpa-modal/.
Diakses pada Desember 2019.
https://rumahwarna.co/. Diakses
pada Desember 2019.
Komentar
Posting Komentar