Sekilas Pelaksanaan Manajemen Fungsional pada Usaha Dropship Produk Rumah Warna di Solo Raya - Dewandaru Vogue MMXVIII


TUGAS AKHIR PENGANTAR BISNIS
Sekilas Pelaksanaan Manajemen Fungsional pada Usaha Dropship Produk Rumah Warna di Solo Raya





Disusun Oleh :
Galuh Dewandaru Al Amanah
190810201154



JURUSAN MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS JEMBER
2019







PENDAHULUAN

            Pada saat itu, saya menginjak kelas sebelas di Sekolah Menengah Atas di Karisidenan Surakarta. Kebetulan saya merupakan siswi jurusan IPS sehingga mendapat pelajaran ekonomi. Selain itu, saya berkeinginan kelak menjadi seorang pengusaha besar yang kaya raya dan sukses. Maka dari itu, saya berusaha memulai usaha bisnis saya sendiri. Selain untuk melatih kewirausahaan saya, menambah ilmu dan pengalaman, serta mengembangkan mental entrepreneurship saya, saya berniat melakukan usaha ini untuk mengisi waktu luang saya dan mendapat profit yang banyak sehingga dapat menambah uang saku saya dan untuk membeli saham.
Bisnis dropship adalah sebuah sistem penjualan sebuah produk secara online dimana si penjual atau pengecer tidak harus memiliki modal besar atau produk sendiri. Sistem dropship berbeda dengan sistem reseller yang mengharuskan penjual atau pengecer untuk membeli produk kepada si supplier atau pemilik barang untuk stok, lalu kemudian dijual ke konsumen dengan mengambil keuntungan dari selisih harga barang. Selain itu, penjual atau pengecer tidak perlu repot untuk mengerjakan proses pengiriman barang kepada si pembeli karena supplier yang akan melakukannya. Enaknya lagi, pada kemasan atau bungkus barang yang dikirim ke pembeli akan ditulis bahwa barang dikirim oleh penjual atau pengecer, jadi kredibilitas kita sebagai dropshipper tetap terjaga dengan baik.
Saya rasa usaha dropship merupakan pilihan yang tepat untuk saya yang mana masih seorang siswa SMA dan belum memiliki modal yang besar. Selain praktis dan efektif, bisnis dropship sangat mudah dilakukan khususnya untuk seorang pelajar seperti saya. Maka dari itu, saya memutuskan untuk mengikuti program dropship dari produk Rumah Warna yang pusatnya berada di Jogjakarta. Saya menjadi seorang dropshipper di daerah Solo Raya.





DESKRIPSI OBYEK USAHA

1.      Profil Usaha

Nama Usaha    : Dewandaru Vogue MMXVIII
Jenis Usaha     : Dropship
Alamat            : Karanggatak RT 01 RW 08 Batuwarno, Wonogiri, Jawa Tengah
Pemilik            : Galuh Dewandaru Al Amanah

2.      Sejarah
               Proses bisnis yang baik adalah yang berangkat dari bawah lalu naik setahap demi setahap secara konsisten.  Selain itu, butuh pengorbanan dan perjuangan yang besar untuk sukses.  Jatuh dan bangun dalam usaha bisnis merupakan hal yang biasa terjadi. Namun, sikap pantang menyerah menjadi kunci keberhasilan suatu usaha bisnis. Itulah kira-kira yang menjadi landasan saya.
Pada saat itu, saya menginjak kelas sebelas di Sekolah Menengah Atas di Karisidenan Surakarta, tepatnya di SMA Negeri 1 Sukoharjo. Kebetulan saya merupakan siswi jurusan IPS sehingga mendapat pelajaran ekonomi. Selain itu, saya berkeinginan kelak menjadi seorang pengusaha besar yang kaya raya dan sukses. Maka dari itu, saya berusaha memulai usaha bisnis saya sendiri. Selain untuk melatih kewirausahaan saya, menambah ilmu dan pengalaman, serta mengembangkan mental entrepreneurship saya, saya berniat melakukan usaha ini untuk mengisi waktu luang saya dan mendapat profit yang banyak sehingga dapat menambah uang saku saya dan untuk membeli saham.
Saya rasa usaha dropship merupakan pilihan yang tepat untuk saya yang mana masih seorang siswa SMA dan belum memiliki modal yang besar. Selain praktis dan efektif, bisnis dropship sangat mudah dilakukan khususnya untuk seorang pelajar seperti saya. Maka dari itu, saya memutuskan untuk mengikuti program dropship dari usaha produk Rumah Warna yang pusatnya berada di Jogjakarta. Saya menjadi seorang dropshipper di daerah Solo Raya.
3.      Lokasi Usaha
Menurut Kotler (2009), place merupakan segala sesuatu yang menunjukkan berbagai kegiatan bisnis untuk membuat produk agar mudah diperoleh oleh pelanggan dan selalu tersedia bagi pelanggan. Apabila berada dalam kondisi bisnis yang memiliki persaingan ketat, faktor pemilihan lokasi menjadi komponen utama yang penting agar usaha yang dijalankan juga dapat bersaing secara efektif, maka perlu adanya lokasi usaha yang strategis dan mudah dijangkau oleh konsumen. Ketepatan pemilihan lokasi merupakan salah satu faktor yang menentukan kesuksesan sebuah usaha. Para pengusaha selalu memiliki pertimbangan yang matang mengenai lokasi sebelum membuka usahanya.
Lokasi dari usaha dropship Dewandaru Vogue MMXVIII adalah di Karanggatak RT 01 RW 08 Batuwarno, Wonogiri, Jawa Tengah. Namun, sebab bisnis saya ini merupakan usaha dropship jadi usaha ini tidak terbataskan oleh lokasi. Dapat dilakukan di mana saja secara online. Dikarenakan ketika SMA saya bersekolah di SMA Negeri 1 Sukoharjo, sehingga saya ngekost di Purworejo, Kabupaten Sukoharjo. Sehingga saya lebih aktif melakukan bisnis dropship saya di sana.

4.      Produk
Berikut ini adalah produk-produk dropship Dewandaru Vogue MMXVIII dengan merk Rumah Warna :
a.       Ransel                   f. Softcase
b.      Sling Bag              g. Selempang
c.       Dompet                 h. Waist Bag
d.      Tas Anak               i. Tas Cangklong
e.       Bantal                   








KONDISI PASAR DAN PERSAINGAN

1.      Kondisi Pasar
a.       Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran adalah upaya untuk memasarkan suatu produk, apakah itu barang atau jasa, menggunakan pola rencana dan taktik tertentu sehingga jumlah penjualan menjadi lebih tinggi.
Definisi strategi pemasaran juga dapat diartikan sebagai serangkaian upaya yang dilakukan oleh perusahaan dalam rangka mencapai tujuan tertentu. Karena potensi untuk menjual proposisi terbatas pada jumlah orang yang mengetahui hal ini. Strategi pemasaran memiliki peran penting dalam suatu perusahaan atau bisnis karena berfungsi untuk menentukan nilai ekonomi perusahaan, baik harga barang maupun jasa.
Kegiatan yang kami lakukan untuk memperkenalkan “Dewandaru Vogue MMXVIII” :
a.       Menyebarkan brosur
b.      Membuat iklan di sosial media
c.       Mengadakan promo atau sale
d.      Word of Mouth
e.       Membuat akun Instagram Ads dan juga Facebook Ads sendiri
f.        Memposting produk di berbagai sosial media dengan menggunakan persuasive copywriting secara konsisten. Username akun instagram usaha kami yaitu @dewandaruvogue_

b.      Target Pasar
Produk Rumah Warna sangat terkenal dengan keawetannya dan juga desain-desainnya yang sangat lucu dan menarik. Kami menargetkan produk-produk kami untuk semua kalangan, entah itu bagi yang  berumur muda sampai berumur tua, untuk laki-laki maupun perempuan. Namun, produk kami memang lebih dikhususkan untuk para wanita remaja millenial.

c.       Sasaran Pembeli
Dalam menjalankan usaha ini sasaran pembeli kami yaitu mencakup semua kalangan masyarakat di daerah Solo Raya, masyarakat kalangan bawah, menengah, maupun kalangan atas. Karena, produk yang kami tawarkan memiliki harga yang bervariasi cukup terjangkau untuk semua kalangan dan harganya sesuai dengan kualitas produk kami.

2.      Persaingan
Persaingan adalah bersaingnya para penjual yang sama-sama berusaha mendapatkan keuntungan, pangsa pasar, dan jumlah penjualan. Para penjual biasanya berusaha mengungguli persaingan dengan membedakan harga, produk,  distribusi dan  promosi. Menurut Adam Smith dalam The Wealth of Nations (1776), persaingan akan mendorong alokasi faktor produksi ke arah penggunaan yang paling bernilai tinggi dan efisien.
Banyak pesaing dalam menjalankan bisnis dropship Rumah Warna juga,  akan tetapi disinilah kita dituntut untuk sekreatif dan inovatif mungkin untuk menarik konsumen agar memilih membeli produk yang kita sediakan. Namun, di sini kita tidak boleh saling menjatuhkan melainkan kita harus tetap menjaga kekeluargaan dan menciptakan persaingan yang sehat. Kita juga harus menaati peraturan dan undang- undang yang ada.












PELAKSANAAN MANAJEMEN FUNGSIONAL

1.      Produksi
Produksi adalah suatu proses mengubah bahan baku menjadi barang jadi atau menambah nilai suatu produk (barang dan jasa) agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Secara etimologis, kata “Produksi” berasal dari bahasa Inggris, yaitu To Produce yang artinya menghasilkan. Jadi, arti kata produksi adalah suatu kegiatan menghasilkan atau menambah nilai guna suatu barang atau jasa melalui proses tertentu.
Usaha dropship Dewandaru Vogue MMXVIII sebetulnya hanya tinggal menjual kembali produk Rumah Warna Pusat. Ini memang mudahnya bisnis dengan sistem dropship.
Dropship adalah sistem jualan yang mampu menjawab berbagai permasalahan wanita terutama bagi mereka yang ingin memiliki bisnis dengan modal minim. Dengan dropship, tidak akan ribet memikirkan produksi, tidak perlu bangun brand dari awal, tidak ribet packing dan pengiriman, bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Benar-benar tinggal menjual saja dan mengambil keuntungannya.
    Rumah Warna merupakan salah satu brand fashion tas yang mendukung para wanita untuk membangun bisnisnya sendiri melalui sistem dropship. Rumah Warna merupakan brand yang produknya sudah terpercaya selama 17 tahun. Dengan 58 toko yang tersebar di seluruh Indonesia, brand Rumah Warna terus tumbuh dan menjadi produk tas favorit wanita. 
2.      Sumber Daya Manusia
Sumber daya manusia merupakan salah satu elemen paling penting agar sebuah bisnis atau perusahaan dapat berjalan dengan baik. Tanpa adanya elemen tersebut atau kualitasnya yang kurang baik, perusahaan akan sulit untuk berjalan dan beroperasi dengan semestinya meski sumber daya yang lain telah terpenuhi. 
Manajemen Sumber Daya Manusia atau biasa disingkat dengan MSDM memiliki peran yang cukup signifikan pada perkembangan suatu perusahaan. Pada dasarnya, pengertian manajemen SDM sendiri yaitu upaya atau cara dalam mengelola sumber daya manusia guna tercapainya tujuan organisasi atau perusahaan. Tanpa memiliki kemampuan manajemen SDM yang mumpuni, kemampuan perusahaan dalam mencapai kesuksesan bisnis akan lebih sulit untuk bisa dilakukan.
Pada usaha dropship Dewandaru Vogue MMXVIII pelatihan, pengembangan dan evaluasi tehadap karyawan dilakukan sesuai prosedur yang telah disusun sebelumnya. Program pelatihan, pengembangan dan evaluasi sangat baik dilakukan karena mampu menciptakan karyawan yang kompeten dalam pekerjaannnya, sehingga diharapkan sumber daya manusia pada usaha dropship Dewandaru Vogue MMXVIII mampu memberikan kontribusi yang optimal.
Usaha ini baru dipegang oleh saya sendiri dan satu teman saya sebagai reseller usaha saya. Saya sendiri terkadang mengikuti berbagai pelatihan bisnis online dan kelas online terkait dengan usaha dropship supaya cepat sukses.

3.      Keuangan
a.       Sumber Modal
Modal adalah sekumpulan uang atau barang yang digunakan sebagai dasar untuk melaksanakan suatu pekerjaan. Dalam bahasa Inggris modal disebut dengan capital, yaitu barang yang dihasilkan oleh alam atau manusia untuk membantu memproduksi barang lainnya yang dibutuhkan manusia dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan.
Modal merupakan hal yang sangat vital dalam sebuah bisnis atau perusahaan. Tanpa modal bisnis tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya. Mulai dari bisnis yang besar maupun bisnis yang kecil pun membutuhkan modal untuk menjalankan bisnisnya.
Dalam membuka usaha ini, saya membayar uang sebesar Rp299.000,00 kepada pihak Rumah Warna Pusat supaya saya resmi menjadi dropshipper Rumah Warna, lalu setelah itu saya diberi berbagai fasilitas dari brand Rumah Warna dan arahan-arahan.

b.       Laba Usaha ( Keuntungan )
Laba dalam ilmu ekonomi dapat diartikan sebagai keuntungan yang didapat oleh seorang investor dalam suatu kegiatan bisnisnya. Hal ini tentu sudah dikurangi dengan biaya operasional yang ada di suatu bisnis yang dijalankan. Sementara itu, laba menurut ilmu akuntansi didefinisikan sebagai selisih antara harga penjualan dengan biaya yang dikeluarkan pada saat produksi.
Menurut Horngren (1997), bahwa laba merupakan kelebihan total pendapatan dibandingkan total bebannya. Laba disebut juga pendapatan bersih atau net earnings. Sedangkan menurut Hansen dan Mowen (2001), bahwa laba atau laba bersih merupakan laba operasi dikurangi pajak, biaya bunga, biaya riset, dan pengembangan. Laba bersih disajikan dalam laporan rugi-laba dengan menyandingkan antara pendapatan dengan biaya.
Setiap pengusaha selalu menginginkan usahanya untuk mendapatkan laba secara maksimal. Pada usaha dropship Dewandaru Vogue MMXVIII ini, saya sebagai pemilik mendapatkan laba sekitar Rp. 30.000/pcs produk yang terjual.























PENUTUP

1.       Kesimpulan
Manajemen fungsional merupakan sebuah bentuk supaya kontribusi pada dalam suatu departemen dapat bertahan pada tingkatan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Sebuah sumber daya manusia menjadi tidak berharga lagi bila mana manajemen sumber daya manusia mempunyai sebuah kriteria yang lebih rendah dari yang dibutuhkan oleh perusahaan. Kedengarannya hal itu kejam, akan tetapi dalam sebuah perusahaan hal itu sangatlah dipegang teguh.
Adapun aktivitas dari manajemen fungsional tersendiri terdiri dari manajemen sumber daya manusia (msdm), manajemen operasional, manajemen pemasaranmanajemen keuangan.
Manajemen fungsional terhadap suatu usaha sangat diperlukan terutama dalam sebuah organisasi atau usaha. Dengan adanya manajemen yang baik, maka kegiatan perencanaan, pelaksanaan, sampai pada penghasilan suatu tujuan ataupun barang akan dicapai dengan baik dan maksimal, dan dengan adanya manajemen fungsional maka suatu usaha akan dapat mencapai tujuan yang diinginkan dengan langkah yang tepat.
2.       Saran
Terus lakukan perbaikan terhadap manajemen fungsional secara berkelanjutan agar kemampuan usaha dalam pengembangan yang telah berhasil tetap berlanjut dan mengalami peningkatan. Koordinasi antar manajemen fungsional pemasaran, keuangan, sumber daya manusia dan produksi harus selalu diperhatikan agar usaha dapat berjalan dengan baik. Usaha dropship Dewandaru Vogue MMXVIII Solo Raya dalam manajemen fungsional perlu memperhatikan kemampuan pesaing karena mengingat usaha dropship sangat dipengaruhi pesaing-pesaing yang ada di pasaran. Oleh karena itu, manajemen fungsional pemasaran harus selalu memeriksa dan berinovasi produk terkini untuk pengembangan produk.



DAFTAR PUSTAKA

https://www.instagram.com/dewandaruvogue_/. Diakses pada Desember 2019.
https://www.instagram.com/rumahwarna_corp/. Diakses pada Desember 2019.
bit.ly/produkrumahwarna. Diakses pada Desember 2019.
https://rumahwarna.co/dropship-1/. Diakses pada Desember 2019.
https://rumahwarna.co/. Diakses pada Desember 2019.


 


Komentar

Postingan Populer