Contoh Motivation Letter untuk Mendaftar Beasiswa Sampoerna


Kepada Yth,
Panitia Seleksi Beasiswa Sampoerna
Indonesia 2019/2020
Di tempat.
            Assalamualaikum Wr. Wb., om swastiastu, namo budaya dan salam sejahtera bagi kita semua, syalom!
Pepatah pernah mengatakan bahwasannya “Pendidikan merupakan senjata yang memiliki kekuatan untuk mengubah dunia. Pendidikan yang sejati akan melahirkan harapan baru.” Kalimat tersebut cukup membius pikiran saya bahwa memang pendidikan itu suatu hal yang amat penting demi adanya perubahan menuju lebih baik dan munculnya harapan-harapan yang dapat dinuai di masa depan.
Sebelum saya melanjutkan surat motivasi ini, ijinkanlah diri saya untuk berterimakasih karena telah diberi kesempatan untuk mencoba mendapatkan Beasiswa Sampoerna ini yang sangat berharga.
Perkenalkan saya Galuh Dewandaru Al Amanah, seorang pelajar dari sebuah desa pelosok di salah satu kabupaten di Jawa Tengah, yaitu Wonogiri. Kabupaten yang terletak di pucuk gunung yang gersang namun kaya akan sumber daya alam. Salah satu komoditas yang paling dikenal adalah ubi atau singkong.  Saya sendiri merupakan seorang anak desa dari keluarga sederhana yang begitu mementingkan pendidikan, ini semua adalah berkat dorongan dan dukungan kedua orangtua saya yang sadar akan pentingnya pendidikan, apalagi di era industri ini.
            Selama tiga tahun terakhir ini saya menempuh pendidikan di SMA terbaik di daerah saya. Saya juga sibuk di beberapa organisasi di SMA saya, salah satunya  adalah Dewan Penegak atau pramuka inti di sekolah.  Lalu saat ini saya sedang menempuh semester pertama di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember. Saya mengambil jurusan S1 Manajemen. Rencananya besok saya akan mengambil konsentrasi manajemen pemasaran. Saya memutuskan mengambil jurusan ini selain karena prospek kerjanya yang sangat luas, saya juga merasa bahwa ilmu manajemen sangat penting untuk masa depan saya. Selain itu ilmu manajemen sangat diperlukan demi memajukan dan memaksimalkan berbagai potensi yang ada di daerah asal saya.  Saya berencana akan ikutserta berkontribusi terutama terhadap daerah asal saya sebagai bentuk pengabdian saya sebagai seorang mahasiswa. Setelah menjadi sarjana ekonomi saya ingin turut serta menyumbangkan tenaga dan pikiran saya supaya Kota Wonogiri menjadi kota yang lebih maju dan berhasil menjadi kota yang sukses, sesuai dengan slogan Kota Wonogiri yaitu Wonogiri Sukses.
            Sejak kecil saya gemar menulis, seperti menulis cerpen, puisi, blog, dan novel. Beberapa kali saya memenangkan kompetisi menulis. Selain itu, saya suka berjualan. Entah itu berjualan secara langsung maupun online shop. Saya tertarik dengan dunia marketing karena menurut saya itu sangat asik.
            Saya memutuskan memilih dan mendaftarkan diri mengikuti seleksi Beasiswa Sampoerna karena saya yakin Beasiswa Sampoerna sangat menunjang proses pendidikan saya serta dapat membantu saya untuk meraih cita-cita dan impian-impian saya.
            Pada kesempatan ini, saya akan menjelaskan beberapa alasan yang menjadikan saya layak untuk menerima beasiswa ini.
1.       Menjadi seorang manajer profesional bukanlah hal yang gampang. Mengetahui betapa banyak peminat jurusan manajemen, banyak sekali orang yang menginginkan gelar itu. Begitupun dengan saya. Hampir di segala perusahaan membutuhkan orang yang ahli di bidang ini. Begitu pun untuk memanage berbagai potensi yang ada di daerah saya bukanlah hal yang mudah, dibutuhkan pemikiran yang ekstra untuk mencapai sasaran yang tepat.
2.      Setiap daerah yang ada di Indonesia berhak untuk maju. Termasuk daerah-daerah terpencil sekalipun. Adapun yang bakalan mendongkrak perubahan dan menuaikan harapan-harapan baru di daerah-daerah tersebut pastinya adalah penduduk pribumi daerah. Saya merupakan salah satu pribumi di salah satu daerah terpencil di Negara Indonesia.
3.      Saya merupakan seorang gadis yang berprestasi di bidang akademik maupun di bidang nonakademik, serta aktif di berbagai organisasi, sehingga saya sudah memiliki pengalaman yang cukup. Mental saya pun sudah terlatih karena sering ditempa di organisasi pramuka. Saya bisa dikatakan sebagai seorang yang religius dan berkarakter. Sudah beberapa kali saya mengikuti asrama di beberapa pondok pesantren.
Demikian surat motivasi ini saya buat untuk dijadikan sebagai pertimbangan. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Komentar

Postingan Populer